[share] YOTclass with Bunga Mega & [review] buku CEWEQUAT

00.49.00

YOTclass
Berawal dari rekomendasi dari temanku, Nadia Azka, untuk mengikuti YOTclass melalui twitter, akupun akhirnya mendaftar. Tepatnya pada Jumat, 21 Februari 2014 di KYkopi, YOT Semarang menyelenggarakan YOTclass bertema 'DISCover You' bersama mbak Bunga Mega, founder @CeweQuat. Acaranya di mulai agak ngaret sekitar pukul 15.30-16.00 *aku lupa tepatnya*, seharusnya pukul 14.30.

Awalnya memang aku kurang tau dan mengenal mbak Mega ini. Hanya sedikit tahu dari cerita temanku di blognya http://nadiaazka.blogspot.com/2014/01/launching-buku-cewequat.html . Sebenarnya tidak terlalu penting sih kenal atau tidak, yang penting isi dari kelas ini. hehe. Kurang lebih YOTclass kali ini seperti isi tulisan Mbak Mega di buku nonfiksi pertamanya, CEWEQUAT.

Acara dimulai dengan sambutan ketua YOT Semarang, Bahrul Ulum *teman satu eskul saat SMA (majalah Cemeti), yang pada hari itu aku baru tahu dari Riang ternyata dia ketuanya*.
Setelah Mbak Mega memperkenalkan diri, ia memulai memasuki tema kelas ini. Yang aku ingat dari presentasi awal Mbak Mega adalah 'Setiap orang tidak memiliki kekurangan. Setiap orang memiliki keunikan masing- masing.' Karena itu ia meminta kami, para peserta, satu persatu maju memperkenalkan diri sekaligus memberikan arti tersendiri dari nama masing-masing.
"Selamat sore, nama saya Riska dari Teknik Arsitektur Undip. Nama Riska dari kata rizki yang berarti rejeki. Harapannya, aku dapat menjadi rejeki selain untuk keluarga, teman-teman, dan lingkungan sekitar," kataku, yang ternyata mendapat giliran terakhir.

Di tengah materi, kami sempat diajak untuk mengerjakan test DISC (semacam test psikologi) mengenai sifat atau kepribadian kami. DISC singkatan dari Dominance-Influence-Steady-Compliance atau dalam bahasa Indonesia Dominan-Intim-Stabil-Cermat. Hasil tesku adalah D dan I seimbang di segment 2, S dan C seimbang di segment 6. Jadi, aku termasuk kepribadian SC yang process oriented, alon-alon asal kelakon, detail.

Setelah kita tahu kepribadian kita, kita juga harus tahu strength / kekuatan kita.
strength = skills + potential. Apabila skills dan potensi terus kita latih akan menjadi stength.
Tahap-tahap mencari STRENGTH, sesuai dengan singkatannya
S = Search, cari apa saja yang sekiranya kita suka atau bisa kita lakukan
T = Try, mencoba melakukannya
R = Repeat, mencobanya secara berulang-ulang
E = Elaborate, lebih diperinci atau mencari yang semakin spesifik
N = Nurture, memelihara
G = Grow, semakin menumbuh kembangkan
T = Train, terus berlatih
H = Happy, dan yang paling penting adalah "Are you happy?". Jika tidak, sebaiknya cari yang lain.

'PEOPLE GROW AT THEIR STRENGTH AREA'

Strength --> Goal --> Purpose/Calling
setelah kita Tahu apa kekuatan kita
selajutnya Tentukan apa saja target yang akan kita capai
untuk Mencapai Tujuan hidup yang telah kita pilih

'Be BOLD or ITALIC, never regular'

Di akhir acara, kami sempat berfoto bersama, dan aku sempat membeli bukunya sekaligus minta tanda tangannya.

Review Buku CEWEQUAT


Menjadi CeweQuat bukanlah menjadi wanita yang kuat dalam hal fisik apalagi kekerasan, bukan menjadi tegar namun menumpuk semua perihnya sendiri.
CeweQuat adalah wanita yang bisa mengenali dirinya sendiri, mengetahui dan mengembangkan kekuatannya, tahu bagaimana relastionship yang sesungguhnya, dan tahu apa dan bagaimana mencapai tujuan hidupnya.

Sedikit kritik untuk cetakan buku ini, mungkin bisa jadi masukan untuk cetakan berikutnya. Saat membacanya, aku merasa kurang nyaman dengan font yang terlalu besar dan space lebar  (kolom) paragraf yang menurutku terlalu lebar. Sepertinya lebih baik font lebih kecil, dengan 2 kolom dalam satu halaman mungkin bisa lebih baik. Satu lagi, bisa diperbanyak lagi gambar ilustrasinya agar lebih menarik dan menyenangkan dalam membaca buku ini. *hehe. maaf ya ini agak ngasal ngomong*.

Terimakasih kepada Mbak Bunga Mega atas sharingnya kemarin Jumat. Senang sekali bisa bertemu langsung. hehe :) 
Semoga Mbak Mega semakin sukses, dan semakin banyak CeweQuat Indonesia.

You Might Also Like

0 comments