nostalgia ramadhan jaman SD

23.23.00

hai. lama tak bersua. maafkan atas ke-sok-sibukanku, hingga tak pernah menyentuhmu. beberapa kali hanya sempat berkunjung.

marhaban ya ramadhan. kebetulan hari ini menyambut datangnya bulan ramadhan. semoga puasa kita berkah dan diberikan kelancaran hingga akhir.

saat tarawih pertama di bulan ramadhan kali ini, tiba-tiba diingatkan atas bulan ramadhan jaman sd dulu. jaman masih ditugaskan untuk mengisi buku amaliyah ramadhan.

saat itu, tiap tarawih, ditemani bapak menuliskan rangkuman ceramah. sering kali aku menanyakan siapa nama penceramah, atau bahkan meminta mengartikan isi ceramah. karena bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa alus, yang tak kupahami. selesai witir, berebut tanda tangan sang penceramah, bahkan hingga berlarian mengejar beliau sebelum meninggalkan masjid untuk mendapat tanda tangannya.

hal lain yang aku rindukan adalah kegiatan di sekolah. saat bulan ramadhan, selalu ada kegiatan setor hafalan doa maupun surat. jaman kecil, dengan mudahnya menghafalkan begitu banyak doa dan surat-surat juz 30. semakin besar sudah jarang menghafal, ingatanpun semakin pendek, hafalan-hafalan jaman kecil pun sudah lupa. miris. sepertinya aku perlu menghafal ulang.

yah, dua hal itu yang paling berkesan dan saat ini membuatku rindu.

You Might Also Like

0 comments